-->

Cara Verifikasi Nomor Ijazah melalui SIVIL RISTEKDIKTI

Seperti yang kita ketahui bersama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dikti) pada tanggal 9 Januari 2017 lalu telah mengumumkan bahwa sekarang ijazah TIDAK PERLU LAGI DILEGALISIR.

Pengumuman ini disampaikan oleh Menristekdikti Bapak Mohamad Nasir melalui situs resmi kementerian yang beralamat di http://belmawa.ristekdikti.go.id/;

Kabar ini tentunya patut kita sambut dengan gembira sebab dengan adanya aturan tersebut kita tidak perlu melakukan legalisir ijazah ke kampus untuk memenuhi keperluan tertentu.
Hal ini pastinya menjadi sebuah kendala dan hambatan tersendiri bagi yang rumahnya sangat jauh dari kampus. Maka dari itu dengan adanya pengumuman ini maka patut kita syukuri bersama, karena ini menjadi terobosan yang sangat positif dalam dunia pendidikan.

Lalu bagaiman jika kita ingin mengetahui keaslian ijazah seseorang tanpa adanya sebuah legalisir dari kampus tempat seseorang itu berkuliah? Sekarang ini anda hanya perlu mengecek keaslian ijazah melalui sebuah sistem yang diberi nama Sistem Verifikasi Ijazah Online/Elektronik (SIVIL). 

SIVIL merupakan sistem verifikasi ijazah online yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi. Manfaat lain dari layanan yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat ini adalah dapat digunakan untuk mengecek ijazah melalui salinan ijazah dengan cara memasukkan nomor yang terdapat pada ijazah.

dengan menggunakan SIVIL, maka anda akan dengan mudah mengetahui keaslian ijazah seseorang dengan menggunakan nomor ijazah mereka.

Bagi anda yang ingin mengecek keaslian ijazahnya atau milik orang lain berikut ini saya buatkan tutorialnya mengenai 

Cara Mudah Cek Nomor Ijazah secara Online di Website Dikti :

  • Pastikan komputer atau laptop anda terhubung dengan koneksi internet yang baik
  • Silahkan buka alamat situs untuk pengecekan ijazah di alamat https://ijazah.ristekdikti.go.id/
  • Di situ anda akan melihat laman Sistem Verifikasi Ijazah secara Online (SIVIL), seperti pada gambar dibawah ini :

Silahkan isi data anda. Adapun data yang diisi meliputi:
  • Perguruan Tinggi isi dengan Nama Perguruan Tinggi tempat anda berkuliah misalnya Universitas Gorontalo
  • Pilih PROGRAM STUDI yang anda ambil pada saat kuliah, Contohnya S1 - Pendidikan Biologi
  • Nomor Ijazah isi dengan Nomor yang tertera pada Ijazah
  • Angka Pengamanan isi sesuai dengan soal pertanyaan yang muncul. Dalam contoh gambar di bawah yaitu 8 + 9. Maka harus diisi dengan angka sesuai jumlah pertambahan tersebut.
  • Klik Tombol VERIFIKASI berwarna Orange yang berada di bawahnya
Tunggu beberapa saat sampai data tersebut ditemukan. Setelah ketemu maka akan muncul data tersebut. 

Jika ijazah kita terdaftar makan akan Muncul Hasil Verifikas DATA DITEMUKAN. contohnya dapat dilihat dibawah ini :

jika ingin mengulangi pencarian atau ingin melakukan verifikasi Ijazah Lain silahkan klik tombol yang telah ditandai merah, 
Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.
Bagaimana sangat mudah sekali bukan? Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan mengenai Cara Mudah Cek Nomor Ijazah secara Online di Website Dikti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Verifikasi Nomor Ijazah melalui SIVIL RISTEKDIKTI"

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel